Rabu, 07 Maret 2012

Uniknya Salju


Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia ini seperti sidik jari kita. Bayangkan, salju sudah turun semenjak bumi tercipta hingga sekarang, dan tidak satupun salju yang memiliki bentuk struktur kristal yang sama!

Struktur Kristal Salju


Keunikan salju yang lainnya adalah warnanya yang putih. Kalau turun salju lebat, maka hamparan Bumi menjadi putih, bersih, dan seakan-akan bercahaya. Ini disebabkan karena struktur kristal salju memungkinkan salju untuk memantulkan semua warna ke semua arah dalam jumlah yang sama, maka muncullah warna putih. Fenomena yang sama juga bisa kita dapati saat melihat pasir putih, bongkahan garam, bongkahan gula, kabut, awan, dan cat putih.

Selain itu, turunnya salju memberikan kehangatan. Ini bisa dipahami dari konsep temperatur efektif. Temperatur efektif adalah temperatur yang dirasakan oleh kulit kita, dipengaruhi oleh tiga besaran fisis, yaitu temperatur terukur (oleh termometer), kecepatan pergerakan udara, dan kelembaban udara. Temperatur efektif biasanya dipakai untuk menentukan “zona nyaman”. Di pantai temperatur terukur bisa tinggi, namun karena angin kencang kita masih merasa nyaman. Pada saat salju turun lebat, kelembaban udara naik dan ini mempengaruhi temperatur efektif sehingga pada satu kondisi kita merasa hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar